Khasiat Dan Manfaat Adas Pulowaras Bagi Kesehatan

Intip Manfaat - Sebenarnya apa saja sih khasiat dan manfaat sehat dari adas Pulowaras ? sebelum saya jawab rasa penasaran anda, lebih baik mari kita terlebih dahulu mengenal sekilas tanaman yang satu ini. Adas pulowaras atau dengan nama latin "Foeniculum vulgare" ini kebanyakan dari kita atau mungkin anda sendiri mengenalnya hanya tanaman yang biasa di jadikan bumbu dapur. Tapi jangan salah loh, tanaman ini ternyata salah satu komoditas ekspor di Indonesia. Sebut saja minyak telon, ini bahan bakunya berasal dari minyak adas yang terkandung dalam bijinya. Selain itu, daun adas juga menjadi sumber makanan bagi beberapa spesies larva, seperti ngengat Papilio zelicaon dan Amphipyra tragopoginis.
Nenek moyang kita pun telah lama menjadikan adas sebagai tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit secara alami. Hal ini karena banyak kandungan senyawa penting yang ada di dalamnya. Adapun kandungan Adas Pulowaras pada bagian daunnya yaitu minyak asiri (Oleum Foeniculi), fenkon, pinen, limonen, anetol, metilchavikol, anisaldehid, dipenten, felandren,  asam anisat, dan minyak lemak. Akar dan bijinya mengandung stigmasterin (serposterin). Kandungan etanol didalamnya membuat tanaman ini mempunyai aroma yang khas.

bentuk khasiat manfaat adas pulowaras bagi kesehatan jintan jinten

Nah berikut adalah beberapa kegunaan adas pulowaras dalam mengobati penyakit tertentu secara alami, bagian yang digunakannya mulai dari buah, biji, maupun akarnya. Penyakit apaka sajakah itu? silahkan lihat informasi lengkapnya dibawah ini.

1. Obat Demam Tradisional

Jika anda menderita demam, cobalah menggunakan pengobatan alami menggunakan adas dengan cara sediakan 2 sendok teh adas, 4 cm kulit batang pulasari (dicuci dan dimemarkan), 2 sendok makan madu dan labu air. Adas dan pulasari direbus menggunakan 1 gelas air dan biarkan hingga tersisa hanya setengah gelas. Labu air diparut dan disaring airnya, cukup setengah gelas saja. Campurkan air labu dengan air rebusan adas tadi. Tambahkan madu dan diminum sekaligus.


2. Diare, Mual, Kembung, atau Sakit Perut

Penyakit tersebut dapat diatasi dengan ramuan tradisional dari tanaman adas. Caranya sediakan 3 sdt adas, 5 lembar daun jambu biji yang masih muda (pucuk), dan 10 cm pulasari. Semua bahan dicuci dan dimemarkan. Lalu direbus dengan 2 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu air rebusan tersebut diminum dua kali sehari. Separuh pada pagi hari dan sisanya diminum pada malam hari.


3. Melancarkan Haid

Bagi kaum wanita yang haidnya sering tidak teratur atasilah dengan cara sediakan 1/2 sdt adas, 1 genggam daun dan bunga srigading, 1 sdt jintan hitam, 1/2 jari pulosari, 2 kuntum bunga kesumba keling, 2 buah jeruk nipis dan gula batu secukupnya. Semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air dan sisakan tinggal 2 1/4 gelas saja. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum 3 kali sehari secara rutin dengan masing-masing 3/4 gelas setiap kali minum.


4. Mengobati Ambeien

Sediakan 3 sdt adas, 1 butir bawang merah (kupas kulit arinya), 1 cangir daun patikan cina, 1/2 cangkir daun meniran, dan 1 sdt jintan putih (Cuminum cyminum L.). Semua bahan dicuci bersih lalu direbus dengan 1 liter air hingga tersisa setengahnya. Agar rasanya lebih enak bisa tambahkan gula batu secukupnya. Saring airnya dan minum ramuan tersebut 4-5 kali sehari. Ulangi pengobatan ini beberapa hari berikutnya hingga penyakit anda sembuh.


5.  Mengobati Kaligata

Caranya cukup sediakan 2 sdt adas, 7 cm kunyit dikupas kulitnya, dan 2 buah bawang merah dikupas kulit luarnya. Semua bahan dicuci kemudian ditumbuk hingga halus. Seduh dengan 1,5 gelas air panas. Biarkan sebantar lalu disaring. Selagi masih hangat, airnya diminum secara teratur 3 kali sehari. Lakukan secara teratur.


6. Mengatasi Bau Mulut

Ambil 1 sdt adas, 1 gengam daun beluntas, dan 2 biji buah kapulaga. Semua bahan dicuci bersih lalu direbus dengan 1 gelas air. Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum sambil dikumur-kumur terlebih dahulu. Bisa digunakan untuk tiga kali dalam sehari.


7. Mengobata Batuk Pada Anak

Sediakan 1 sdt adas, 4 cm kulit kayu pulasari, 1 siung bawang merah, kupas kulit luarnya. Semua bahan dicuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus. Rebus dengan 1 gelas air hingga tinggal setengahnya. Tambahkan gula batu, setelah dingin, airnya disaring dan diminum 2 kali sehari. Pada pagi hari sebelum sarapan dan malam hari sebelum tidur. Lakukan setiap hari secara rutin.


8. Mengobati stuip

Bahanya yaitu 4 sdt adas, 6 cm kulit batang pulasari, dan 7 butir biji anyang-anyang. Semua bahan dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum sekaligus.


9. Obat Sesak Napas

Siapkan 1/2 sdt adas, 1/4 jari pulasari, 2 jari rimpang kencur, 1 jari rimpang temulawak, 1 sdt jintan hitam, 1/4 genggam daun poncosudo (Jasminum pubescens), dan 3 jari gula merah. Semua bahan direbus dengan 4,5 gelas air hingga tersisa kira-kira separuhnya. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum untuk 3 kali sehari. Masing-masing 3/4 gelas setiap kali minum. Lakukan pengobatan ini secara teratur.


10. Obat Batu Empedu

Sediakanlah 5 gram serbuk buah adas, lalu seduh dengan segelas air panas seperti menyeduh kopi. Saring airnya dan minum sekaligus selagi hangat.


Sekian dulu artikel tentang khasiat dan manfaat dari tanaman adas dalam mengobati berbagai penyakit secara alami yang dapat sampaikan pada postingan ini. Semoga informasinya dapat menambah wawasan anda.
Advertisement

0 Response to "Khasiat Dan Manfaat Adas Pulowaras Bagi Kesehatan"