Manfaat Daun Encok Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Intip Manfaat – Tanaman encok atau ada juga yang menyebutnya godong encok dan ki encok, adalah jenis tumbuhan perdu yang banyak tumbuh di hutan ataupun ladang – ladang dataran rendah tanah terbuka. Sangat jarang yang sengaja menanamnya karena termasuk tumbuhan liar, padahal tanaman encok ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Sesuai dengan namanya, tanaman encok ini memiliki khasiat sebagai obat encok dan keluhan nyeri lainnya seperti sakit pinggang, rematik, nyeri sendi dan juga sakit kepala. Bagian yang berkhasiat sebagai obat yaitu ada pada bagian daun dengan diolah menggunakan ramuan tradisional. Bagi anda yang belum tahu daun encok itu seperti apa ? yuk sekilas mengenal tumbuhan tersebut.

Tanaman encok memiliki nama latin “plumbago zeylanica l”. Ciri – ciri tanaman encok yaitu memiliki daun yang berbentuk bundar telur dengan ujungnya meruncing serta bertepi rata dikedua sisinya. Daun encok tersusun berseling dengan tangkai yang pendek. Pada ujung tangkainya akan muncul tandan bunga yang berupa rangkaian dari susunan bunga – bunganya berwarna putih. Buah tanaman encok memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung meruncing serta alurnya memanjang. Bila telah matang buah tersebut akan merekah menjadi lima bagian dan didalamnya terdapat biji yang jumlahnya banyak. Cara budidaya tanaman encok bisa dengan 2 cara yakni melalui stek batang ataupun semaian biji.

Khasiat Manfaat Daun Encok Bagi Kesehatan Untuk Obat Rematik dan Kencing Berdarah


Dalam daun encok terkandung beberapa zat yang berperan dalam hal proses pengobatan, adapun kandungan daun encok itu sendiri yaitu diantaranya metoksilin, chloro plumbagin, suberosin, plumbagin, komarin seselin, khitranon, dan juga droseron. Daun encok  memiliki sifat antiradang, antioksidan, antibakteri, diuretic, dan juga bersifat analgetik sehingga bisa mengobati beberapa keluhan rasa nyeri pada otot seperti penyakit – penyakit diatas. Namun dapat  juga beracun jika digunakan dalam dosis tinggi karena kandungan plumbagin didalamnya

Manfaat daun encok untuk kesehatan

Obat encok, rematik, sakit pinggang, dan sakit kepala
Cara mengolah daun encok untuk obat encok, rematik, sakit pinggang, dan sakit kepala sangat mudah dan sederhana. Anda cukup petik beberapa helai daun encok kemudian cuci bersih. Remas – remas daun tersebut lalu tempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

Melancarkan buang air kecil
Caranya hampi sama seperti diatas, hanya saja ditambah adas pulosari. Gosokan ramuan pada perut bagian pawah tepat pada posisi kandung kemih.


Obat kusta dan penyakit kulit scabies
Bagian yang digunakannya bukan daun melainkan akarnya. Caranya tumbuk akar tanaman encok sampai halus kemudian tambahkan sedikit susu dan air aduk hingga rata sampai membentuk adonan seperti odol. Gunakan ramuan ini untuk dioleskan pada bagian kulit yang bermasalah

Obat kanker darah
Sama seperti obat kusta bagian yang digunakannya yaitu akar namun dipadukan dengan bahan herbal lain. Caranya anda sediakan akar tanaman encok, rumput lidah ular, biji livistona chinensis, verbena officinalis (masing – masing 30 gram) dan spica prunellae (xia ku caol dari tumbuhan prunella vulgaris L) sebanyak 15 gram. Rebus terlebih dahulu akar tanaman sendok menggunakan air secukupnya hingga mendidh dan menyusut. Diamkan sebentar baru kemudian tambahkan bahan lainnya dan didihkan kembali selamat 30 menit. Air rebusan digunakan sebagai obat minum pada pagi, siang dan juga sore hari.

Demikian artikel mengenai khasiat dan manfaat daun encok bagi kesehatan, semoga informasinya bisa menambah wawasan kita dibidang tanaman obat herbal Indonesia.
Advertisement

0 Response to "Manfaat Daun Encok Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolahnya"