Manfaat Daun Handeuleum Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolanya Jadi Obat

Intip Manfaat – Handeuleum atau ada juga yang menyebutnya daun wungu (ungu) adalah tanaman yang umumnya ditanam untuk dijadikan tanaman pagar khususnya didaerah pedesaan, namun ada juga dibeberapa daerah perkotaan menjadikannya sebagai salah satu tanaman hias dihalaman rumah atau taman terbuka. Tidak banyak yang tahu jika sebenarnya tanaman handeuleum memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satu khasiat yang paling dikenal dari dulu yaitu bisa digunakan sebagai obat ambeien atau penyakit wasir dengan dibuat ramuan tradisional. Namun ternyata bukan hanya itu saja, daun handeuleum juga memiliki manfaat dalam mencegah atau mengobati penyakit lainnya secara alami, Apa sajakah itu ? sebelum berlanjut, mari kita sekilas mengenal ciri - ciri tanaman handeuleum tersebut karena barangkali pembaca disini ada juga yang belum mengetahuinya.

Manfaat Daun Handeuleum Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolanya Jadi Obat


Handeuleum atau dengan nama latin “Eupatorium Triplinerve Vahl” merupakan tumbuhan jenis perdu yang memiliki batang tegak dengan tinggi bisa mencapai 1 hingga 3 meter. Habitat tanaman handeuleum ini yaitu hidup di dataran rendah tanah  terbuka  dengan iklim kering atau lembab. Batang tanaman handeuelum berbentuk bundar tapi ada juga yang hampir membentuk segitiga, kulit batangnya berlendir dan aromanya sungguh kurang sedap jika kitu cium. Daunnya berbentuk lonjong memanjang serta bertepi rata dengan dengan letak berhadapan. Bunga tanaman handeuleum berwarna merah dan tersusun kedalam rangkaian berupa tandan yang tumbuh diujung tangkai. Buah handeuelum bentuknya lonjong dan didalamnya berisi biji sebanyak 2 buah berbentuk bulat. Cara budidaya tanaman handeuleum terbilang sangat mudah, umumnya yang paling banyak dilakukan yaitu melalui stek batang layaknya tanaman singkong.

Khasiat Daun Handeuelum Daun Wungu Ungu Untuk Kesehatan Sebagai Obat Wasir Ambeien


Sebenarnya tanaman handeuleum ini memiliki beberapa varietas dan dapat kita bedakan dari warna daunnya. Ada yang berdaun ungu kemerahan (lembayung), hijau polos, dan ada juga yang warna daunnya belang – belang. Namun yang memiliki khasiat sebagai obat adalah varietas yang berwarna ungu kemerahan seperti yang akan dibahas dalam postingan ini. Daun atau batang tanaman handeuleum merah bisa kita jadikan obat bisul, borok, atau bengkak dengan cara menumbuknya lalu di oleskan pada bagian kulit yang bermasalah tersebut.

Jika berbicara manfaat serta khasiatnya sebagai obat, tentu semua itu tidak terlepas dari kandungan zat menguntungkan didalamnya, adapun kandungan tanaman handeuelum diantaranya ada tanin, saponin, glikosid, steroid, flavonoid, alkaloid non-toksik, kalsium oksalat,, lemak, dan juga asam folat. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat lainnya dari tanaman handeuleum yang berguna bagi kesehatan kita semua.

Obat wasir atau ambeien
Cara mengolah handeuleum untuk obat wasir sangatlah mudah, anda cukup sediakan 15 helai daun handeulem yang telah dicuci bersih, 1 butir kunyit, dan gula aren secukupnya. Rebus semua bahan tersebut menggunakan 4 gelas air dan biarkan mendidih hingga jadi 2 gelas saja. Minum air rebusan tersebut setelah dingin sebanyak 2 kali sehari masing – masing 1 gelas setiap kali minum.

Obat sakit telinga
Caranya dengan menumbuk daun handeuleu dan ambir airnya untuk kemudian digunakan sebagai obat tetes pada telinga yang sakit

Obat bisul dan borok
Ini telah saya bahas diatas, cara mengolah handeuleum untuk obat bisul cukup sederhana yakni dengan menumbuknya hingga halus dan balurkan  pada bagian kulit bermasalah seperti bisul dan borok. Cara lainnya dengan memanggang daun handeuleum dia atas api kecil yang sebelumnya telah terlebih dahulu di olesi dengan minyak kelapa. Kemudian tempelkan pada bisul selagi daun tersebut hangat

Obat encok, rematik, dan bengkak
Cara mengolah handeuleum untuk obat rematik, encok , dan bengkak sama seperti obat bisul yakni dengan cara ditumbuk dan ditempelkan pada bagian yang sakit.

Obat susah BAB atau sembelit
Untuk mengobati susah BAB dengan cara merebus dengan 2 gelas air hingga tersisa jadi 1 gelas. Minum air rebusan setelah dingin secara rutin pada pagi hari hingga sembelit benar - benar sembuh.

Obat batu empedu
Cara mengolah handeuleum untuk obat batu empedu sama seperti diatas yakni dengan direbus, namun ditambah bahan lain yaitu daun urat. Rebus 7 helai daun handeuleum dan daun urat menggunakan 2 gelas air.  Konsumsi air rebusan secara rutin sebanyak 2 kali sehari sampai batu empedu sembuh

Obat demam
Cara mengolah handeuleum untuk obat demam yaitu dengan merebus 7 helai daun handeuleum dengan 5 iris temulawak. Minum air rebusan setelah dingin secara rutin sebanyak 1 kali sehari sampai demam yang diderita reda


Melancarkan buang air kecil (peluruh kencing)
Caranya  seperti memakai param, cukup dengan menumbuk daun handeuleum yang telah di cuci besih hingga halus dan  oleskan pada perut anda.

Manfaat lainnya yang jarang diketahui :

  • Obat pendarahan
  • Obat diabetes
  • Melancarkan haid
  • Mengobati radang dan nyeri


Demikian artikel mengenai manfaat dan khasiat tanaman handeuleum atau daun ungu, semoga informasinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua dalam bidang tanaman obat herbal Indonesia



Advertisement

0 Response to "Manfaat Daun Handeuleum Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolanya Jadi Obat"