Manfaat Daun Sendok Bagi Kesehatan, Ini Cara mengolahnya !!!

Intip Manfaat – Ki urat atau  sebagian orang menyebutnya dengan tanaman sendok adalah salah satu tanaman liar yang banyak tumbuh (habitat) ditanah datar terbuka. Tumbuhan perdu tak berkayu ini memiliki tinggi berkisar antara 10 cm sampai 20 cm. Ki urat dengan nama latin “plantago major linn’ memiliki banyak sebutan dibeberapa daerah, seperti ceuliuncal,  kuping menjangan, otot-ototan, meloh kiloh, sangkabuah, torongoat, sangkubah, serta suri pandak . Tumbuhan ini sangat mudah kita jumpai di pedesaan terutama di pinggir – pinggir jalan ataupun depan halaman rumah. Bagi anda yang belum mengenal tumbuhan ini seperti apa, Ki urat atau tanaman sendok sendiri memiliki ciri daun lebar yang bentuknya bundar seperti telur, permukaannya licin, terdapat lekuk garis urat daun yang membujur, serta tangkai pelepahnya yang panjang. Mungkin tanpa sadar anda pun sering melihat tanaman ini, tapi justru tidak tahu namanya yang sebenarnya itu adalah Ki Urat, tanaman yang memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan dalam mencegah maupun mengobati beberapa penyakit secara alami dengan diolah menjadi obat herbal menggunakan ramuan tradisional. Manfaat terkenalnya  yang sering dicari orang yaitu untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan ginjal seperti kencing batu. Saat ini pun sudah tersedia produk jamu dan obat herbal berbentuk kapsul berbahan dasar daun sendok yang banyak dijual.

Khasiat manfaat daun sendok bagi kesehatan ki urat cara mengolah jadi obat


Berbicara manfaat serta khasiat bagi kesehatan tentu erat kaitannya dengan kandungan yang ada dalam tanaman tersebut. Adapun kandungan Ki Urat atau daun sendok antara lain vitamin A  B1 C, kalium, plantagin, aucubin, ursolic acid, bethasitosterol, hentria-contane, plantaglucide, plantasan (dengan komposisi xylose, arabinose, galacturonic acid dan rhammose), planterolic acid, protein adenine, choline, catalpol, asam lemak, palmitic acid, arachidic acid,  succinic acid, stearic acid, linolenicacid dan juga lenoleic acid.

Tanaman sendok memiliki sifat anti inflamasi (anti radang) sehingga salah satunya bisa mengobati radang saluran radang nafas. Selain itu manfaat lainnya juga sebagai peluruh air seni untuk pengobatan kencing batu, menghentikan batuk, memperbaiki penglihatan. Bagian yang digunakannya untuk obat bukan hanya daun tapi bisa juga akar, biji, maupun keseluruhan bagian tumbuhan. Dibawah ini adalah beberapa manfaat daun sendok untuk pengobatan secara alami.

Cara mengolah tanaman  ki urat / tanaman sendok untuk jadi obat

Keputihan
Sediakan akar tanaman sendok sebanyak 10 gram yang telah dicuci bersih. Kemudian lumatkan dan ditambah air cucian beras saring, minum 2 sehari

Diare
Sediakan daun sendok segar sebanyak 30 gram, kemudian rebus dan minum setelah dingin sehari 2 kali.

Gangguan saluran air kemih
Sediakan 6 ons herba segar, digodok 3 liter jadi 1,5 liter,dibagi 3 kali minum, atau herba segar ditumbuk, diperas jadi 1/2 mangkuk. Tambah madu 1 sendok, minum, tambah keji beling (Desmodiumgangeticum), direbus, airnya sebagai obat batu ginjal atau kandung kemih

Batu empedu
Dengan merebus daun sendok dan akarnya ditambah daun keji beling

Bisul
Lumatkan daun sendok bersama daun sirih dengan cara diremas – remas dan tempelkan pada kulit yang terdapat bisul

Kudis.
Dengan cara merebus 5 lembar daun sendok segar ditambah 7 lembar daun sambiloto menggunakan 2 gelas air dan dibiarkan hanya menjadi 1 gelas. Saring dan minum setelah dingin

Kencing batu
Caranya sama seperti batu empedu, yakni dengan merebus akar dan daun sendok ditambah daun kejibeling

Mimisan
Caranya dengan melumatkan daun sendok yang masih segar lalu seduh dengan air panas. Setelah dingin baru diminum

Disentri basiler
Dengan cara minum sebanyak 60 - 120 ml/hari air rebusan daun sendok rutin selama 10 hari.

Batuk sesak, batuk darah.
Herbasegar sebanyak 60 gram ditambah sedikit air, 15 gram madu atau 30 gram gula batu, di tim. Minum setelah hangat

Radang saluran napas (bronchitis)
Rebus herba segar sebanyak 30 gram dan minum rutin selama 1-2 minggu.

Luka berdarah, gigitan serangga, gigitan ular
Caranya dengan mengompres luka – luka tersebut meggunakan air perasan daun sendok

Sakit kuning (Acute icteric hepatitis)
Daun sendok sebanyak 60 gram direbus dan diminum minum setelah hangat. Nafsu makan akan muncul dalam waktu 5 sampai 7hari serta warna kuning (jaundice) akan menghilang dalam waktu 14 hari.

Nyeri otot
Dengan cara menggosokan daun sendok yang telah dilumatkan


Radang selaput mata.
Tanaman segar direbus selamat 15 menit, kemudian airnya diteteskan pada radang selaput mata.

Nah itulah beberapa manfaat daun sendok bagi kesehatan berikut cara mengolah untuk jadi obatnya. Semoga informasi bisa menambah wawasan kita semua dalam bidang tanaman herbal Indonesia.
Advertisement

0 Response to "Manfaat Daun Sendok Bagi Kesehatan, Ini Cara mengolahnya !!! "