Manfaat Daun Keji Beling Bagi Kesehatan Serta Khasiat Obatnya

Keji Beling atau ada juga yang menyebutnyaRemek Daging adalah salah satu tanaman pagar serta sekaligus tanaman obat karena memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh, tumbuhan tersebut sudah dari dulu digunakan sebagai bahan dasar dalam mengobati beberapa penyakit secara alami dengan dibuat menjadi ramuan herbal. Contoh manfaat terkenal yang sering dicari orang yaitu bisa digunakan sebagai obat batu ginjal, batu empedu, dan prostat.  Biasanya untuk mengolah keji beling agar jadi obat dengan cara direbus dan diambil airnya untuk kemudian dikonsumsi. Ini bisa hanya daun keji beling saja ataupun dipadukan dengan tanaman obat lain seperti daun kumis kucing. Orang tua dahulu sudah tahu cara – cara tersebut, apalagi jika mereka asli dari pedesaan. Namun untuk saat ini, sudah tersedia juga produk obat berbentuk kapsulnya yang tinggal anda beli jika tidak mau repot membuatnya.

Keji Beling atau dengan nama latin “hemigrafis alternate (burm.f) t.aders adalah tumbuhan perdu yang memiliki ciri – ciri batang berbulu dengan panjang bisa mencapai 75 cm. Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau tua, permukaannya bergelombang, serta bergerirgi di tiap sisinya. Bunganya memiliki ukuran kecil dengan bentuk gepeng dan berwarna putih dalam rangkaian berupa butir yang tumbuh pada ketiak daun dan berbiji gepeng. Cara budidaya keji beling yakni dengan stek batang meskipun bisa melalui biji namun buahnya sangat jarang ditemukan.

Manfaat Daun Keji Beling Untuk Kesehatan Khasiat Sebagai Obat Batu Ginjal Batu Empedu


Bagian dari tanaman Keji Beling yang memiliki khasiat sebagai obat ada pada bagian daun. Ini karena didalamnya terkandung beberapa zat menguntungkan yang berperan dalam mencegah maupun mengobati penyakit secara alami. Adapun kandungan Keji Beling yaitu berbagai macam vitamin seperti vitamin C B1 B2, Glukosida, Fosfor, Tanin, Kalsium, Kalium, Kafein, Glikosida, Asam Silikat, Natrium, Ferum, Alkaloid, Terpenoid, Saponin hingga Tanin. Berikut ini adalah beberapa manfaat keji beling untuk mengobati penyakit secara alami berikut cara pengolahannya.

Obat wasir (ambeien), disentri, dan melancarkan air seni
Caranya petik beberapa helau daun keji beling kemudian cuci hingga bersih. Rebus daun tersebut dengan menggunakan 3 gelas air bersih sampai mendidih hingga tersisa jadi 2 gelas. Setelah dingin saring air rebusan dan minum secara teratur 2 kali sehari pada pagi dan malam sebelum tidur.

Obat batu empedu
Daun keji beling terkenal bisa digunakan sebagai obat batu empedu dengan menghancurkannya. Caranya dengan merebus 5 helai daun keji beling bersama 7 helai daun ungu (wungu) menggunakan 3 gelas air sampai mendidih dan biarkan hingga menjadi 2 gelas. Minum air rebusan tersebut dalam kondisi masih hangat maksimal 2 kali sehari, 1 gelas setiap kali minum.


Obat batu ginjal atau kencing batu
Kencing batu terjadi karena adanya penyumbatan disaluran kemih yang sering kita kenal sebagai batu ginjal. Daun keji beling ini juga telah lama terkenal akan khasiatnya untuk mengobati penyakit kencing batu. Caranya sama dengan diatas yakni dengan cara direbus, anda tinggal merebus 30 gram daun keji beling menggunakan 250 ml air bersih sampai mendidih dan biarkan hingga menjadi 150 ml. Setelah dingin barulah disaring untuk kemudian diminum 3 kali sehari dalam artian 150 ml tersebut dibagi menjadi 3 kali minum pada pagi, siang, dan malam hari.

Masih banyak lagi sebenarnya manfaat dan khasiat daun keji beling bagi kesehatan selain dari beberapa yang telah disebutkan diatas, misalnya saja dapat digunakan sebagai obat diare, alergi kulit, maag, lever, diabetes, hingga mencegah kolesterol dan penyakit tumor. Tapi dengan sedikit penjabaran diatas, mudah – mudahan bisa menambah pengetahuan kita dalam bidang tanaman obat herbal Indonesia.

Advertisement

0 Response to "Manfaat Daun Keji Beling Bagi Kesehatan Serta Khasiat Obatnya"