Manfaat Daun Singkong Untuk Obat Rematik Dan Cara Mengolahnya

Halo pembaca blog Intip Manfaat, tidak banyak yang tahu jika daun singkong yang sangat mudah kita temui disekitaran rumah tempat tinggal kita ternyata memiliki kegunaan dan manfaat sebagai obat rematik. Wajar saja karena biasanya daun singkong hanya digunakan sebagai lalapan atau pakan ternak untuk yang daunnya sudah tua. Ditambah banyak anggapan daun singkong ini justru penyebab rematik terutama bagi mereka penderita juga penyakit asam urat yang memang dianjurkan untuk mengurangi konsumsi jenis sayuran berwarna hijau. Padahal antara rematik dan asam urat itu berbeda meskipun gejala yang ditimbulkannya sama yakni rasa nyeri pada sendi – sendi tubuh karena peradangan.

Rematik sendiri adalah sejenis penyakit autoimun yang membuat sendi dalam anggota tubuh menjadi kaku serta meradang. Penderita pun tentunya akan sangat merasa kesulitan saat melakukan aktifitas. Pengobatan rematik pun sebenarnya hanya untuk meringankan gejala yang ditimbulkannya seperti mengkonsumsi obat – obatan tertentu sesuai anjuran dokter, terapi berjalan diatas permukaan bergerigi, hingga pengobatan alami menggunakan bahan herbal. Salah satu pengobatan alami yang dapat dilakukan untuk meringankan gejala rematik ini yaitu dengan menggunakan daun singkong. Selain murah dan mudah didapat, mengobati rematik dengan daun singkong sangat aman tanfa efek samping dibanding harus mengkonsumsi obat – obatan kimia.

Menurut info yang saya dapat dari Buku Tanaman Herbal karya Sahid Darmojo, daun singkong dapat digunakan untuk mengobati penyakit rematik karena adanya kandungan yang langsung berperan mengurangi rasa sakit akibat peradangan sendi. Sangat tidak heran karena selain terdapat senyawa kandungan yang berperan untuk hal pengobatan, daun singkong pun kaya akan nutrisi untuk kesehatan tubuh lainnya seperti Vitamin, Mineral, Kalsiun, Zat Besi, Fosfor, Kalium, Magnesium, Seng, Tembaga, Mangan, Protein, dan lain - lain.

Kandungan Khasiat Manfaat Daun Singkong Untuk Obat Rematik Cara Mengolah Pengolahannya Sebagai Obat


Adapun cara pengolahan daun singkong sebagai obat rematik yaitu dengan dibuat ramuan tradisional dengan langkah – langkahnya sebagai berikut.

Cara Mengobati Rematik Dengan Daun Singkong

  • Sediakan 5 lembar daun singkong dan kapur sirih secukupnya
  • Remas – remas daun singkong tersebut sampai hancur tersebut dengan dicampur kapur sirih
  • Gunakan sebagai obat oles dengan menempelkannya pada bagian anggota tubuh yang mengalami rematik seperti kaki, lengan dan punggung atau bisa juga digunakan untuk bagian tubuh yang pegal linu
  • Lakukan pengobatan ini secara rutin setiap hari pada pagi, siang, dan malam hari. Biasanya dalam waktu kurang dari 1 minggu pun penyakit rematik ini telah sembuh.


Cara mengobati rematik dengan daun singkong sangat mudah dan sederhana bukan ? semoga informasi yang saya bagikan ini bisa menambah wawasan kita semua khususnya dalam dunia tanaman herbal Indonesia. Sekian
Advertisement

0 Response to "Manfaat Daun Singkong Untuk Obat Rematik Dan Cara Mengolahnya"