Manfaat Daun Bandotan Untuk Kesehatan & Cara Mengolahnya

Manfaat Daun Bandotan – Bandotan atau ada juga yang menyebutnya tanaman babadotan adalah tumbuhan yang termasuk  jenis gulma pertanian dari suku asteraceae. Bandotan dengan nama latin Ageratum conyzoides L, memiliki sebutan lain dibeberapa daerah seperti babandotan, babadotan, wedusan, dus-bedusan, rumput balam, white weed, goatweed, dan juga billygoat weed. Tanaman ini memiliki aroma bau kambing sehingga  orang – orang juga menyebutnya dengan wedusan (dibaca : kambing dalam bahasa Indonesia). Tapi meskipun dipandang sebagai hama bagi tanaman lainnya, ternyata bandotan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang jarang kita ketahui. Khasiat daun bandotan yang paling terkenal yakni bisa digunakan sebagai obat kanker, wasir, benjolan payudara, kista, dan penyakit maag. Lalu bagaimana cara mengolah daun bandotan ini agar bisa jadi obat ? sebelum lanjut kesitu mari mengenal sekilas tanaman tersebut karena mungkin saja pembaca disini ada yang belum mengetahuinya sama sekali.

Bandotan merupakan tanaman yang berasal dari Amerika khususnya Brasil dan tumbuh masuk ke wilayah Indonesia dengan sangat cepat. Bagi anda yang belum mengenal tanaman tersebut, bandotan memiliki ciri – ciri batang yang tegak atau berbaring, bercabang serta memiliki rambut. Daun bandotan mempunyai tangkai dengan panjang sekitar 0,5 – 5 cm, letaknya saling berhadapan terutama yang berada di bagian bawah. Daun babadotan memiliki bentuk bundar telur hingga belah ketupat. Pangkal daunnya mirip seperti bentuk jantung, meruncing bahkan  membulat. Bagian ujung daun bandotan berbentuk tumpul atau meruncing dengan bagian tebing bergerigi. Permukaan daun bandotan memiliki rambut panjang dengan kelenjar di bagian bawah. Bunga-bunganya berkelamin sama, berkumpul, mahkota bunga sempit berwarna putih atau ungu, sementara kuntum bunganya majemuk dengan tinggi bisa mencapai 120 cm.

Manfaat daun bandotan untuk kesehatan


Khasiat daun bandotan untuk kesehatan obat kanker, wasir, kista, benjolan payudara ini cara mengolah jadi obatnya

Bagian tanaman bandotan yang memiliki manfaat bagi kesehatan ada pada daun,  batang, dan juga akar. Ini karena didalamya terkandung sejumlah zat yang menguntungkan dalam hal pengobatan maupun nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Adapun kandungan gizi dan nutrisi dalam tanaman bandotan antara lain Asam amino, Organacid, Zat pektik, Minyak esensial coumarin, Ageratochromene, Friedelin, ß-sitosterol, Stigmasterol, Tanin, Sulfur, Kalium klorida. Pada bagian akar khususnya terkandung juga minyak esensial, alkaloid, dan coumarin.

Manfaat Bandotan untuk Kesehatan 

Tidak heran bukan jika tanaman bandotan ini juga termasuk tanaman herbal karena begitu banyak kandungan nutrisi didalamnya yang manfaatnya bisa mencegah dan mengobati beberapa penyakit secara alami. Nah dibawah ini adalah berbagai khasiat daun bandotan untuk kesehatan yang sangat perlu untuk kita ketahui :

Mengobati wasir
Wasir atau lebih dikenal dengan penyakit ambeien adalah kondisi dimana terjadi pembengkakan karena pembuluh darah sekitar anus membesar. Penderitanya  pun akan mengalami  adanya bercak darah saat saat buang air besar disertai bercak darah. Penyakit ini pun harus secepatnya diobati karena jika sudah parah harus menempuh jalan operasi. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan daun bandotan untuk mengobatinya secara alami. Manfaat daun bandotan untuk wasir telah diketahui sejak dari dulu sebagai alternatif alami membantu pengobatan wasir secara herbal.

Mengobati maag
Orang – orang dahulu telah memanfaatkan daun bandotan sebagai bahan obat alami untuk mengatasi  penyakit yang berhubungan dengan lambung seperti maag. Khasiat tanaman bandotan terutama bagian daunnya bisa mengatasi gejala maag sehingga meringankan rasa sakit yang diderita

Menyembuhkan bisul
Daun bandotan juga bermanfaat untuk dijadikan obat luar yang salah satunya untuk menyembuhkan bisul dikulit. Dalam daun bandotan terkandung zat yang mampu mempercepat penyembuhan bisul sehingga rasa sakit berkurang dan bisul perlahan mengempis.

Mencegah tumor
Tumor merupakan salah satu penyakit yang ditakuti setelah kanker karena bisa menyebakan kematian. Anda dapat memanfaat daun bandotan ini untuk mencegah penyakit tumor, umumnya dengan cara diolah menjadi jamu tradisional. Kandungan dalam daun bandotan dipercaya mampu menghancurkan secara perlahan sel-sel tumor agar tidak tumbuh dan berkembang semakin besar dalam tubuh.

Meredakan radang telinga
Umumnya radang telinga lebih disebabkan karena kotoran atau ketidaksengajaan terkena benda-benda tumpul saat kita mengorek – mengorek untuk membersihkannya. Untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan bandotan sehingga mengurangi peradangan dan telinga bisa berfungsi normal kembali.

Manfaat Daun Bandotan untuk Kesehatan Lainnya 

  • Obat sakit tenggorokan
  • Mencegah dan mengobati kanker
  • Menyembuhkan sariawan
  • Mengobati flu
  • Mengatasi rematik dan keseleo
  • Mengobati memar
  • Mengobati malaria
  • Menghilangkan mulas
  • Mempercepat penyembuhan patah tulang
  • Membantu menghentikan pendarahan pada rahim
  • Meredakan gejala mual dan muntah
  • Mengobati kudis
  • Membantu pengobatan batu ginjal
  • Baik untuk kesehatan pernapasan
  • Meredakan demam tinggi
  • Menghilangkan stres


Cara Mengolah Daun Bandotan Untuk Obat 


Setelah mengetahui manfaatnya maka kita lanjut mengetahui juga cara mengolah daun bandotan ini agar bisa jadi obat. Nah jika anda ingin mengobati penyakit rematik, bengkak, bisul, atau luka caranya dengan menyediakan 1 genggam  daun bandotan yang telah dicuci bersih. Kemudian, tambahkan sekepal nasi basi atau nasi sisa kemarin dan juga setengah sendok teh garam. Campur semua bahan lalu tumbuk halus hingga menjadi pasta. Gunakan pasta tersebut untuk dibalurkan pada area yang mengalami sakit, biarkan selama kurang lebih 2 jam lalu bilas setelahnya.

Tanaman bandotan juga bisa digunakan sebagai obat tumor Rahim dengan cara merebus 50 gram daun bandotan dengan menggunakan 750 ml air, biarkan mendidih hingga tersisa menjadi 250 ml saja. Setelah dingin gunakan air rebusan tersebut untuk diminum secara rutin.

Selain itu kandungan minyak atsiri dalam tumbuhan bandotan dapat digunakan sebagai campuran minyak untuk pemijatan yang hasilnya memberikan efek hangat, menenangkan, dan juga membantu menghilangkan stres.

Demikianlah artikel mengenai manfaat daun bandotan untuk kesehatan, semoga informasinya dapat bermanfaat menambah pengetahuan dibidang tanaman obat sekitar lingkungan kita.

0 Response to "Manfaat Daun Bandotan Untuk Kesehatan & Cara Mengolahnya"